Posted by : Etika Indra Khusna Jumat, 19 Oktober 2012

Penyakit mahasiswa paling akut, yang model mahasiswanya itu kayak GUE  adalah bablas ( sebablas-bablasnya ) tidur setelah ngerjain tugas DL esok hari. Udah kesekian kali hobi godaan setan itu menjangkiti tubuh yang unyu ini.

~ Ya Allah, ampuni dosa-dosa hamba ..

Atau sebut saja penyakit terparah abad ini : habis lembur tugas DL jam 2 dini hari sampai shubuh menjelang, godaan setan datang : "Tidurlah, tidurrrrr ...."

Ajaib !!!

Dan ....

Gue TIDUR !!!

~ Astaghfirullah, aku memang hamba paling mayak. "Ampuni hamba Ya Rabb ..."

Yang berat itu : susah banget mengubah kebiasaan buruk ini. Gak semudah nyetrika baju kuliah ataupun makan es bubur kacang ijo.

^ ngaco banget !!

Sudah berusaha dengan berbagai cara. Dari wudhu, mandi pagi, tilawah, baca buku, ngintip buku praktikum, mandangin laptop ( bener-bener cuma memandangi saja ), jenggalin mata pake korek api ( saran ini nggak pernah tak pake, terlalu beresiko untuk kesehatan mata ) , ngunyah permen, ngunyah pojokan bantal, dan aktivitas agak kurang sehat lainnya tak cukup membuat gue betah melek di shubuh hari.

Dan fakta yang lebih buruk menyusul : pas Praktikum di Lab, gue masih saja kepergok TIDUR lagi. ~ parah !! 

Sepertinya, gue emang harus (WAJIB) taubat sebelum kerugian-kerugian lanjutan menimpuki badan dan jiwa gue. Emang bakalan rugi banget kalau tidur setelah shubuh. Liat hasil penelusuran yang gue dapet :

- Kehilangan barakah pagi hari
Wada’ah al Ghamidi radliyallahu ‘anhu, bahwasannya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka”.

Gue : jelas ini cukup kentara, pagi-pagi udah gak barokah, biasanya sih berangkat kuliah paling hobi bikin kericuhan dengan gedebug-gedebug hentakan kaki, ngos-ngosan nyampek kampus, atau lebih parah : telat masuk atau telat absen. Nggak jarang lupa bawa jas lab praktikum, nggak bawa tugas pendahuluan, nggak bawa smart card, dan nggak bawa tas ( bohong deh :p )

- Menyelisihi kebiasaan para salaf
Sebagian ulama salaf membenci tidur setelah shalat subuh.
Dari ‘Urwahin bin Zubair, beliau mengatakan, “Dulu Zubair melarang anak-anaknya untuk tidur di waktu pagi”
Urwah mengatakan, “Sungguh jika aku mendengar bahwa seorang itu tidur di waktu pagi maka aku pun merasa tidak suka dengan dirinya”. [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no 25442 dengan sanad yang sahih]

Gue : yang ini, iya deh. Gue cuma bisa ngangguk-ngangguk bilang iya. Percaya deh kalo ulama emang benci sama tidur habis shubuh. Ibuk gue aja benci kok, pasti selalu bersabda gini, "Nduk, bar shubuh kok malah bubuk, olahraga sana, nyari oksigen .." Dan gue cuma 'menguapkan' mulut. Langsung deh lemparan bantal menyerbuku. Ampun, buk ..
 
- Membuat malas dan melemahkan badan
Ibnul Qayyim ketika menjelaskan masalah banyak tidur, beliau menyatakan bahwa banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu

Gue : Ini efek terburuk yang beruntun, sebab pas kuliah emang lebih sering gue tidur dalam kamuflase sok nulis catetan dengan menunduk. Dapat teguran? Berkali-kali. Kenapa nggak cepet-cepet bertaubat? Ini yang perlu gue ulangi : nggak tidur pas kuliah itu nggak semudah nyanyi "Balonku Ada 5" dengan huruf vokal berubah jadi "O"

- Pagi adalah waktu dibaginya rizki
Imam Ibnul Qayyim mengatakan dalam kitabnya Zaadul Ma’aad, bahwasannya orang yang tidur di pagi hari akan menghalanginya dari mendapatkan rizki. Karena waktu subuh adalah waktu di mana makhluk mencari rizkinya, dan pada waktu tersebut Allah membagi rizki para makhluk.
Dan beliau menukil dari Ibn ‘Abbas radliyallahu ‘anhu bahwasannya dia melihat anaknya tidur di waktu pagi maka ia berkata kepada anaknya "Bangunlah engkau! Apakah kamu akan tidur sementara waktu pagi adalah waktu pembagian rezki?"

Gue : Nah, ini dia. Rizki berasa ngejauh banget. Nggak hanya yang berupa materi tapi ketenangan batin ( cieeehh ) dan kesehatan badan. Berasa capek semua. Dan ini yang membuat gue emang harus cepet-cepet taubat dari hobi buruk ini. ~Ampuni, Ya Allah ..

Astaghfirullah ... benar-benar kebiasaan yang buruk.
Hati gue berkata :
"Gue harus berdoa sebelum nyebar postingan ini "Ya Allah, jauhkan seluruh godaan syetan di hariku, pagi hingga petangku, mudahkan urusanku. Karena hanya Engkau Yang Maha Pemberi Kebaikan, Aamiin"
Semoga manfaat sekalian barakah, kurangi dan mulai berantas tidur setelah Shubuh, semangat buat perbaikan diri. Ayo, kita bisa ! ( bukan slogan kampanye ! ).  

Bismillah !!!


{ 6 komentar... read them below or Comment }

  1. peh...kasusmu podo le karo aku

    ternyata kooonnn yo bangkongan, wkwkwkwk....

    BalasHapus
  2. ahahaha... sumpah, gae ngakak gulung-gulung (bo'ong banget =d)
    sepertinya ini salah satu poin penting yang harus gw perhatiin...
    *makanya dompet gw gak pernah ada isinya... (kalo ini emank jarang naruh duit disono, naruhnya di bank --> pamer =d)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, walaupun sampean udah mau ngakak gulung2, selalu ada makna di balik celotehan gue :p #ups

      Semangat pagi :D

      Hapus
  3. kalo aku sebelum subuh tidur :v bangun2 menjelang dhuha :v

    BalasHapus
  4. astaganagabonarjadi2 ... kebangetan iku bang, shubuhnya sampek ilang -_____-

    BalasHapus

My Clock

Popular Post

Pengunjung Blog

unique stats

- Copyright © Kaf -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -