Posted by : Etika Indra Khusna Kamis, 09 Februari 2012


          Cring !! Berasa kena samber petir tapi dengan nada ayunan tongkatnya ibu peri, otak gue melesat jauh menerawang masa depan. #eyyya. Berasa dapet wangsit yang bikin jantung gue berdegup kencang, sekujur badan panas dingin, mata melotot, ingus mengalir deras #apaan sih?. Gue dapat IDE ! IDE ! Sekali lagi  gue pertegas. Bingung? Pasti mau nanya, itu makanan apa? Sama nggak kayak Onde-onde? Ah payah!


Oke, gue jelasin ya mas bro, mbak bro, dan dek bro sekalian, ide itu gagasan yang tak jarang dalam sekejab mata muncul di berbagai situasi, lebih seringnya setelah kita berdiam diri dalam ketenangan. Ketenangan disini bukan berarti mati, tapi berarti kedamaian. Kedamaian disini juga bukan berarti kalian berada di surga tapi ah beribet juga ngomongnya. Intinya sih, menurut pengalaman, gue sering dapet ide pas nangkring di WC rumah atau pas lagi mandi shower. Kan tenang dan damai tuh, hahaha #boleh dicoba di rumah kalo yang ini.

Jadi sebenernya ide itu munculnya suka-suka dia, semakin kita kreatif semakin cepat pula dapet ide, semakin kita sering baca-baca buku referensi semisal terjemahan Al-Qur’an ( set dah! Referensi yang paling gue suka soalnya uda pasti bener mutlak deh! Kan yang nyiptain Dzat Maha Berfirman ), novel, koran, pantun, cerpen, cerbung, cerpan, cerrybell #ah ngaco, yang paling akhir delete aja, gak termasuk itu# semakin cepat pula si ide nangkring di otak kita. Akan tetapi gue sebenernya pengen ngomong ‘something’ ( bosen ngomong ‘sesuatu’) ke kalian. Cek paragraf selanjutnya. Next!

Sebenernya kalo boleh jujur gue itu lagi merindukan kegiatan nulis, sekali lagi gue teriakin ya : NULIS !! #dilemparin adek pake botol aqua# tapi sayangnya fakta terbaru adalah gue terdeteksi lagi kena penyakit otak. Katanya Bang Fuadi penulis buku Ranah 3 Warna #saudaranya Negeri 5 Menara, gue itu terkena virus Writers Blocks. Trus trus trus ... #air ludah muncrat# kata Bang Togar, salah satu guru menulisnya Alif Fikri #baca sendiri deh novelnya ! ribet tau kudu ngejelasin gini *sewot* virus itu bisa menjalari seluruh tubuh gue kalo nggak cepet-cepet disembuhin. Ya Allah, Ya Rabbi, penyakit apa ini? Cobaan apa lagi yang harus hamba hadapi kali ini? Masihkah Engkau menguji hamba dengan berbagai penyakit yang memilukan ini? Apakah penyakit seperti panu, kadas, kurap, kutu air kemarin itu belum cukup Ya Allah? Haruskah gue minum kalpanak lagi? Loh! Oke cukup ‘alaynya’ lanjut ke topik inti. Next paragraph.

Writers Blocks itu salah satu istilah dalam dunia kepenulisan yang arti gaulnya "mandhek nulis" alias situasi dimana penulis tiba-tiba merasakan panas dingin di sekujur, eng ... salah! Maksud gue situasi dimana penulis tiba-tiba merasakan kehilangan nafsu menulisnya atau mati ide. Kalo kata Bang Togar #di Ranah 3 Warna lagi# artinya itu penulis lagi males nulis. Ah, coba deh gue sanggah dulu. Kira-kira percakapan gue samaain kayak pas Alif juga mengalami writers blocks ini. Sayangnya, gue ganti tokoh Bang Togar dengan tokoh versi gue. Tarrraa .... Bang Tagor hahaha
Gue              : Bang, gue laper..
Bang Tagor : Trus, salah gue? Salah Amak gue? Salah calon istri gue? Kalo kau laper, kentut sana!
#jangan hiraukan percakapan ‘galau’ di atas! Salah ketik!
Gue               : Bang, gue kena virus writers blocks nih ..
Bang Tagor   : Macam mana pula kau ini? Itu bukan virus, kau saja yang malas!
Gue          : ( gak pake teriak juga kaleee ) Gue nggak males kok bang, cuma tiba-tiba berasa gak ada ide ..
Bang Togar    : Itu namanya males, bego ! ( jitak kepala gue )
Gue            : ( udah pengen nangis ) tapi Bang, yang gue rasain itu nafsu makan, enk .. nafsu nulis gue lagi gak sip gitu ...
Bang Togar    : Minum curcuma plus dong #dialog salah. Udah dibilangin itu males, masih juga ngeyel !! ( jitak kepala gue#part2 ).
Oke, dari percakapan di atas, gue kalah telak, kalah tinggi badan, kalah nada suara, kalah jabatan #gue disitu sebagai murid kayak si Alif Fikri. So, bisa disimpulkan jawaban keren dari apa itu writers blocks ala Bang Tagor versi Batak gadungan adalah :
WRITERS BLOCKS = MALAS
sengaja gue cetak tebal biar keren abizzzzzzz ...
Kenapa gue sama denganin malas ?

Alasan 1 :
Karena kata Bang Tagor emang gitu #lihat percakapan gue yang kalah telak menyanggah pendapat orang Batak-batakan ala tulisan gue alias Bang Tagor.

Alasan 2 :
Karena kita semua tau, kalo ide itu sebenernya gampang didapet asal kita mau berusaha dan berdoa #macam ujian sajo! Bukan, maksud gue ide itu gampang didapet dalam situasi apapun asal kita pas lagi enjoy # gitu aja wis. Contoh dong saran pencarian ide gue. Bisa via WC, kamar mandi, sungai juga boleh tuh, danau atau laut juga keren, samudra bagus juga tapi kejauhan juga kalo mau cari ide kudu ke Samudra Hindia hahaha. So, gak ada istilah males ! Camkan itu !#nada Bang Tagor.

Alasan 3 :
Karena pada saat itu mood nulismu lagi bosen sehingga faktor malas dapat cepat menyergapmu. Perlulah refreshing dulu, semisal jalan-jalan, lari-lari, push up#berasa tentara aja!, lemesin tulang belulangmu, cuci muka, makan, minum, tidur sebentar dan metode refresing lainnya. Supaya semangat nulismu segar kembali.

Alasan 4 :
Karena malas itu juga didasari dengan kebuntuan inspirasi, bolehlah baca koran Sindo dulu. Tapi boleh juga sekedar melihat situasi yang jarang kalian temui atau jarang kalian amati sebelumnya, sebab disitu letaknya inspirasi. Kalo di dalam novel Ranah 3 Warna Bang Togar mengajak Alif ke daerah pemukiman orang-orang miskin di Bandung, maka cara lain bisa dengan melihat daerah pemukiman semacama itu di daerah kalian. Sadarilah, resapi sejenak kehidupan mereka yang segalanya terasa berat dan susah. Bersyukurlah kalian yang masih dengan leha-lehanya mengecap dunia pendidikan dan kini tengah merangkak belajar dalam dunia kepenulisan. Beruntung kalian masih merasakan ide-ide cemerlang dalam akademik maupun dalam dunia tulis-menulis. Manfaatkan hal itu untuk lebih semangat berkarya, untuk paling tidak menyumbangkan hasil jerih payah tulis-menulismu kepada mereka yang jauh lebih membutuhkan. Jadikan mereka motivasi menulismu, jadikan mereka inspirasi menulismu. #Bah! Bahasa gue bak motivator ternama, sebut saja Mario Bross hahaha.

Oke, jadi swasembadalah, enk .. waspadalah dengan virus malas nulis bernama writers blocks, oke bro ! Tapi, ngomong-ngomong gue udah nulis banyak ternyata hahaha, gak jadi berpenyakitan deh *ups. See ya !

Salam ==dream fetcher== !!
*Nambah Berita ( NB ) : Beberapa kalimat terinspirasi dari salah satu percakapan antara Bang Togar vs Alif Fikri #Ranah 3 Warna
*Inspirasi : setelah baca bukunya Bang Fuadi
*Ide : gara-gara merasakan writers blocks akhir-akhir ini
*Hasil diagnosa terakhir : gue mau sembuh dari virus yang sempat mematikan imajinasi gue ini !
Try this metods at home!

{ 2 komentar... read them below or Comment }

My Clock

Popular Post

Pengunjung Blog

unique stats

- Copyright © Kaf -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -